Berapa Biaya Mendaki Carstensz Pyramid?
Berapa Biaya Mendaki Carstensz Pyramid

Berapa Biaya Mendaki Carstensz Pyramid? – Sebagai salah satu 7 puncak tertinggi di dunia, Carstensz Pyramid yang berada di Papua Barat, menjadi target pendakian para pendaki profesional dunia.

Tiga kata terakhir pada paragraf di atas hendak menegaskan, bahwa Gunung Carstensz Pyramid bukan gunung biasa. Gunung berketinggian 4.884 mdpl ini merupakan gunung beratap salju satu-satunya di wilayah Australia dan Oceania. Lantaran itulah, hanya para pendaki profesional dengan budget sesuai yang dapat mencapai gunung ini.

Sebagai target pendakian tingkat dunia, tahukah kamu berapa biaya yang harus digelontorkan untuk mencapai gunung ini?

Untuk mencapai Carstensz, tidak bisa dilakukan mandiri alias solo. Minimal harus tiga hingga enam anggota pendaki. Itupun, kamu tidak bisa mencari trek sendiri. Kamu harus didampingi oleh operator pendakian Carstensz.

Masing-masing operator pendakian profesional, baik yang berbasis di Indonesia maupun di luar negeri, mempunyai standard harga berbeda satu sama lain.

Berapa Biaya Mendaki Carstensz Pyramid untuk Pendaki Asing?

Biaya Mendaki Carstensz Pyramid
(img rmiguides.com)

Ada operator luar negeri yang mematok biaya pendakian Carstensz, 200 juta per orang. Biaya tersebut tidak termasuk tiket pergi-pulang dari sebuah negara menuju dan keluar dari Papua, Indonesia. Biaya akan semakin besar, apabila para pendaki tertarik untuk berada di Bali selama beberapa hari, baik sebelum atau sesudah pendakian. Selain itu, harga di atas tidak pula termasuk peralatan pendakian—itu merupakan kewajiban pendaki untuk membawanya sendiri.

Berapa Biaya Mendaki Carstensz Pyramid untuk Pendaki Lokal?

Sedangkan, untuk operator pendakian dalam negeri, para pendaki harus siap menggelontorkan biaya pendakian Carstensz jauh lebih besar dari biaya wisata rohani ke Timur Tengah. Berapakah angkanya? Dapat mencapai 30 juta rupiah per orang! Biaya ini akan membengkak jika pendaki memilih fasilitas in dan out langsung ke Lembah Danau-Danau, menggunakan helikopter milik operator.

Berapa Biaya Mendaki Carstensz Pyramid_
denny engka, owner operator pendakian carstensz pyramid

Biaya tinggi itulah yang kerapkali membuat ciut para pendaki lokal. Belum lagi dengan medan pendakian yang super berat, pergi-pulang yang bisa mencapai 14 hari, dan proses aklimatisasi yang belum tentu dapat mulus dilalui.

Pemerintah Seharusnya…

Sebagaimana yang pernah disampaikan oleh Kementerian Pariwisata, bahwa pendakian Carstensz Pyramid merupakan kategori “wisata khusus” yang harus diperhatikan, maka saatnyalah lobi kepada pemangku kuasa di PT Freeport, intens dilakukan dengan hasil akhir yang menggembirakan, yaitu dibukanya sebagian kecil kawasan pertambangan itu sebagai akses menuju Lembah Danau-Danau.

 

Baca juga: Jalur Pendakian Gunung Carstensz Pyramid 

 

Kapan itu bisa terjadi, wahai pemangku kepentingan negeri? Jika jalur tersebut terbuka, maka bisa jadi para pendaki lokal akan menguatkan niatnya untuk mendaki gunung bersalju ini. Dan sudah barang tentu, biaya pendakian pun akan menjadi lebih murah. Efek selanjutnya, wisata khusus ini akan meraih banyak pendapatan di sektor ini, guna kesejahteraan Papua sendiri, utamanya warga sekitar Gunung Carstensz Pyramid.

Semoga, dalam waktu tak lama lagi, hal tersebut dapat terlaksana.

 

 

About Author

client-photo-1
Carstensz Expedition

Comments

Leave a Reply